Rotibul Hadad

Raatib Alhahad adalah salah satu Kitab Raatib yang disusun oleh Habib Abdullah bin Alawi bin Muhammad bin Ali Al-Tarimi Al-Haddad. Beliau dilahirkan di Subir kota Tarim Hadhramaut, Yaman Selatan tanggal 5 Safar tahun 1044 H bersamaan 30 Juli tahun 1634 Masehi. Sejak Kecil Beliau terserang penyakit yang mengakibatkan kehilangan penglihatannya(buta). Namun Allah SWT telah memberi Nur pengetahuan dalam hatinya karena itu beliau belajar dengan menggunakan mata batinnya dengan para Ulama-ulama di Yaman, Rasa Ta’zhim beliu terhadap gurunya sangat luar biasa hingga beliau mendapat karunia keberkahan yang luar biasa.

Beliau pernah berkata “ketika aku masih kecil, aku telah berusaha bersungguh-sungguh untuk beribadah dan melaksanakan berbagai mujahadah yang lainnya, sehingga ditegur oleh nindaku yang solehah bernama Salma binti Said Al-Wali Omar Ba’Alawi, supaya menjaga diriku. Dia sering berkata demikian jika ibadat serta mujahadah yang aku kerjakan terlalu berlebihan. Sebaliknya aku telah banyak meninggalkan mujahadah semenjak memulai perjalanan ini semata-mata menghargai hati kedua ibubapaku yang amat prihatin terhadap keadaanku”.

Beliau lebih senang menyendiri di suatu tempat karena baginya buta mata yang diberikan Allah kepada dirinya hanya untuk mengabdi kepada-Nya.Beliau sering mengunjungi dan berziarah dimaqom para auliya dan orang-orang soleh.Duduk disudut Masjid dan malam hari beliau sholat tahajut hampir disetiap masjid di kota tarim, beliau membaca Alquran dengan diiringi air mata yang terus mengalir dan Di sinilah menurut pendapat Habib Abdullah bil faqih beliau mendapat Futuh dari Allah SWT.

Selain beliau menyusun Rattib yang kita kenal dengan Raatib Al Hadad beliu juga mengarang beberapa kitab-kitab yang termashur diantarannya :
- An-Nashôihud Dîniyyah
- Ad-Da’watut Tâmmah
- Risâlatul Mu’âwanah
- Al-Fushûlul ‘Ilmiyyah
- Sabîlul Iddikâr
- Risâlatul Mudzâkara
- Risâlatul Murîd
-.Kitâbul Hikam
-.An-Nafâisul Uluwiyyah
- Ithâfus Sâil
Free Download

Labels:

Posting Komentar

mantab sob... I Love ISLAM :)
izin nyimak

entah mengapa.. kalau saya perhatikan.. para orang2 besar itu banyak yang berasal dari Hadramaut ya.. knp bisa gtu ya..?!?!

@Majalah Masjid Kita apa yang diberikan Allah pastilah ada hikmahnya kawan

kalo soal itu "wallahu a'lam "

Apabila ada kesalahan dalam postingan ini mohon konfirmasinya melalui kotak komentar di bawah ini. Sesegera mungkin akan Kami perbaiki.

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget