Cara Mengetahui / Mengecek Keadaan Hardisk

Kerusakan hardisk bisa membuat data-data yang kita miliki akan sirna. Sebelum terjadi hal seperti itu mari kita berusaha menjaga keadaan hardisk tersebut. Cobalah kita cek keadaan hardisk kita, Apakah masih layak dipakai atau sudah waktunya untuk diganti?

Untuk mengetahui / mengecek keadaan hardisk kita bisa menggunakan beberapa softwere, di antaranya  sebagai berikut:

Cek Hardisk dengan CrystalDiskInfo

CrystaliskDiskInfo merupakan hardisk monitoring yang cukup baik kareana bisa dengan cepat kita bisa mengetahui kondisi hardisk, temperature dan informasi mengenai data teknis hardisk seperti kapasitas, nilai RPM, firmware, jenis interface, hingga serial number.



cek hardisk dengan crystaldiskinfo


Contoh tersebut adalah dari hardisk Seagate SATA 160 GB. Kondisi hardisk pada tingkat Caution dengan temperature mencapai 48 derajat mendekati temperature alarm yaitu 50 derajat celcius.

CrystaliskDiskInfo  yang saat ini sudah mencapai versi 4.1.1 bisa berjalan pada system operasi Windows 7, Windows Server 2008, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows XP baik versi 32 bit maupun 64 bit.

Untuk mendapatkan CrystalDiskInfo silahkan Download di sini


Cek Hardisk dengan HDDLife

HDDLife Pro, Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang hardisk health status, performance, temperature dan work time. Berikut hasil tes hardisk Seagate SATA 160 GB dengan HDDLife Pro:



cek hardisk dengan hddlife


Dari hasil tes ternyata kesehatan hardisk ini masih dianggap "OK" meskipun statusnya sudah 57%.

Kalau untuk aplikasi ini silahkan Download di sini



Cek Hardisk dengan Hardisk Sentinel DOS Edition

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan Hard Disk Sentinel  DOS Edition (Free) dalam bentuk Bootable CD.  Dengan CD ini bahkan bisa membantu kita untuk memeriksa hardisk komputer saat windows tidak bisa booting.

Untuk memeriksa hardisk dengan aplikasi ini, dapatkan dulu Hard Disk Sentinel DOS Edition dalam bentuk ISO image dengan cara Download di sini

Setelah mendapatkannya lalu burning file tersebut ke dalam CD, misalkan dengan aplikasi Free ISO Burner atau BurnCDCC.

Kalau sudah selesai, gunakan CD hasil burning tersebut sebagai media pertama untuk booting, aplikasi HDD Sentinel akan langsung melakukan pengecekan pada hardisk. Sreenshootnya kurang lebih seperti gambar dibawah:



cek hardisk dengan hard disk sentinel dos edition


Beberapa parameter seperti temperature, performance, power on, dan health status akan langsung dapat kita ketahui. Untuk memudahkan kita melihat kondisi kesehatan hardisk, pada health status dilengkapi dengan background warna, yaitu:

hijau = kondisi hardisk yang baik
kuning = kondisi kurang bagus
merah =  kondisi hardisk sudah rusak

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Labels:

Posting Komentar

alhamdulillah HD ane walaupun udah 1 tahun masih sehat walafiat gan :)

oke juga nih sob,hdd saya kadang suka bunyi kadang gak,mau saya coba nih,numpang sedot.thanks

silahkan sobat, thanks dah mampir :)

terimakasih atas infonya dan sangat berguna....silakan berkunjung www.mekanikkomputer.com

Mantap kakak, hdd saya masih bagus :D

Om, kalau hardisk kadang2 ada bunyi "kretek... kretek" itu normal ngga ya?

Karena ngeri tiba2 jebol, ane test pake software Smart seagate dan tadi test lagi pake HDDLife diatas, dan beberapa software lainnya kondisi hardisk exelent sih, cuma masih ngeri.. hahahaha

Apabila ada kesalahan dalam postingan ini mohon konfirmasinya melalui kotak komentar di bawah ini. Sesegera mungkin akan Kami perbaiki.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget